Kamis, 13 September 2012

frist ngekos...

Ngekos adalah hal yang ada dalam benak seseorang ketika tempat sekolah yang dituju jauh dari rumah tempat tinggal, biasanya ngekos itu identik dengan Mahasiswa yang sedang kuliah. Banyak sekali hal-hal yang perlu calon anak kos ketahui seputar seluk beluk persoalan dunia kos.
Pengarang buku panduan tentang ngekos bagi muslimah/ kaum permpuan muslim ini merupakan buku karya Amanda Ratih Pratiwi, dia menceritakan tentang pengalamannya dan apa saja seluk beluk kos. Dengan bahasa yang santai, ringan dan menggena di pembaca sehingga pesan yang coba disampaikan oleh pengarang baik dalam bentuk cerita, esay, tips, ataupun pengalaman pribadi dapat dengan mudah di fahami oleh pembacanya.
Panduan pertama berisi tentang rasa yang ditimbulkan ketika pikiran ngekos harus diambil kerena keadaan. Awalnya memang ada yang terpaksa untuk hidup di kos selama kuliah. Karena semau kenikmatan yang didapat di rumah tak kan pernah di dapat dalam kos, terutama dengan tempat yang sering kita kunjungi yaitu kamar kita sendiri. Kamar kita akan jauh berbeda dengan kamar kos, salah satu tips untuk anak kos adalah memantapkan niat, persiapan mental, persiapkan kebutuhan sehari-hari selama di kos, dan lain-lain. Anak kos identik dengan masalah financial, untuk itu tips yang harus di laksanakan adalah memcatat semua pemasukan dan pengeluaran kebutuhan sehari-hari selama masa satu bulan, sebagai evaluasi dan pewrtimbangan untuk bulan-bulan berikutnya ini sanagt penting untuk dilakukan. Pokoknya anak kos jangan sampai boros, walaupun dari keluarga yang mapu dan berkecukupan, tidak setiap waktu kan orang tua kita adalah pohon uang. Hati hati dan teliti sangat perlu di miliki oleh anak kos karena di lingkungan yang kurang kondusif barang-barang kamu akan mudah hilang.
Mencari kos itu gampang-gampang susah, perhatikan dulu berapa biayanya, apa fasilitasnya, bagaimana lokasinya, keamananya, lingkungan sekitar dan factor lain yang sebantar lagi akan kamu ketahui. Setelah mendapat kos dengan memperhatikan beberapa factor tadi, orang tua juga perlu tahu, minta pertimbangan dengan mereka.
Kamar kos yang kamu tempati harus representative dan nyaman, walau dapat kos yang murah tapi manfaatkan kemampuanmu untuk membuat nyaman kamarmu. Segera berkenalan dengan teman satu kamar, tetangga kamar, dan yang lain supaya suasana menjadi lebih menyenangkan. Anak kos harus mandiri, jangan pernah membebani teman satu kamar atau yang lain karena mereka sendiri kadang juga sudah susah. Jadi salinhg pengertian harus tetap terjalin antara sesama penghuni kamar. Tanamkan rasa saling percaya setelah kamu benar-benar mengetahui situasi dan kondisi serta sifat temanmu itu, sering-sering menyapa dan berbagi pikiran akan menghangatkan suasana dalam kos.
Dalam buku ini juga dijelaskan cara merawat diri ala anak kos dengan biaya seminimal mungkin mengunakan bahn-bahan alamiah baik bagi perempuan maupun bagi kaum laki-laki. Banyak hal yang tak terduga yang akan kamu alami selama kamu berada dalam kos, missal sakit, kehabisan uang sebelum waktunya, ada kehilangan, masalah pribadi, dan lain sebagainya. Jangan langsung membabi buta ketika kita sedang kehilangan barang atau uang disaat kita ngekos, tenangkan pikiran kita dulu, jangan langsung main tuduh tanpa bukti, setelah tenang bicarakan dengan teman-teman kos mu baik-baik dan jadika itu semua sebagai pengalaman mu untuk lebih berhati-hati lagi.
Anak kos juga identik dengan pola hidup yang kurang teratur, mungkin karena tidak ada yang memperhatikan seperti dirumah jadi seenaknya saja. Jangan sampai halite terjadi pada kamu, akan banyak sekali kerugian yang akan kamu dapat mulai dari sakit, malas beraktifitas dan lainyya, jaga kondisi badan dengan banyak minum air pitih, hindari sering mengkonsumsi mie instant, dan berolahraga secara teratur adak menjaga kesehatan kamu.
Banyak hal-hal yang menyenangkan yang anak kos dapatkan bilai pandai mengatur waktu, bahkan bias menghasilkan uang jika kita mau kreatif sedikit dan lebih aktif. Missal kuliah sambil kerja, wirausaha, jadi guru prifat, dan yang lain, yang terpenting jangan menggangu aktifits kuliahmu.
Menghadapi orang lain dengan berbagai latar belakang, suku, agama, ras dan budaya bukan hal yang mudah. Tempatkan dirimu pada tempatya, waspadalah karena aanak kos itu labil dengan segala perubahan, kadang bisa jadi baik kadang juga bisa jadi pembohong.
Setelah lama tinggal di kos dengan berbagai masalah dan kenyamanan, rasa jenuh pasti menghampiri pada anak kos, ada rasa nyaman dan tak nyaman silih berganti datang. Ciptakan susasna menyenangkan dengan keaktifan dan kreatifitasmu. Beberapa cara yang dapat meminimalisir rasa jenuh dalam kos, sharing dengan teman satu kamar masalah-masalah yang dihadapi dengan bergantian supaya dapat solusi, ikuti organisasi baik disekitar kos maupun dalam kampus, mencari dan menambah wawasan dari teman, menonton bareng, dan lain-lain.
didalam buku ini juga diceritakan kisah-kisah yang bisa menjadi pemelajaran, setelah lama di kos pasti ingin pulang dan rindu rumah, waktu libur semester pasti dimanfaatkan oleh anak kos.
Buku ini berisi tentang arahan mulai dari akan menjadi anak kos, jadi anak kos hingga mau meninggalkan kos-kosan. Buku ini sangat menarik dan wajib dimiliki oleh anak kos, karena bisa menjadi acuan dan referensi dalam menjalani kehidupan kos yang aman, nyaman tentram, damai dan sejahtera.

0 komentar:

Posting Komentar